Custom Search
Warniasih Computer Trading and Service Join 4Shared Now!

Saturday, May 2, 2009

Safe Our Computer (page 1 of 4)

Awas, Mafia Internet!
Metode kejahatan terorganisasi seperti spionase, pemerasan, dan teror, terjadi juga di dunia maya, alias Internet. CHIP menjelaskan, bagaimana cara para mafia Internet menguasai jutaan PC sekaligus bagaimana mencegah PC Anda menjadi sasaran mereka.
Image
Tepat pada 26 Februari 2008 lalu, seorang programmer dan pembuat virus dari komunitas legendaris 29A (www.29a.net) menyatakan untuk “pensiun”. Untuk kalangan tertentu, khususnya para programmer, untuk masuk dan berhasil diterima di kelompok tersebut merupakan sebuah kehormatan, seiring ketenaran nama mereka dalam menghasilkan beragam varian virus.

Pada saat ini, kebanyakan para programmer malware tidak peduli lagi dengan metode “Proof-of-Concepts”, melainkan memprogram malware untuk praktek kejahatan finansial. Hal ini salah satu indikasi bahwa Internet sudah berada dalam genggaman kejahatan terorganisasi.

Hal ini dibuktikan oleh statistik dari laboratorium virus AV-Test (www.av-test.org) yang mencatat bahwa tahun 1999 saja sudah tercatat sekitar 100.000 malware baru. Pada tahun 2007 meningkat menjadi sekitar 5,5 juta. Dari statistik ini terlihat jelas bahwa peningkatan malware, virus, trojan, bots, dan spyware tiap tahunnya membuat Internet semakin tidak aman.

Lantas, mengapa mafia Internet sedemikian berkuasa, fenomena ini diungkap oleh sebuah penelitian. Menurut sebuah prognosis terbaru, omzet perdagangan online tahun ini meningkat 9% menjadi US$ 11,9 miliar. Seiring tingginya tran­saksi online dan belanja melalui Internet, kejahatan terorganisasi juga tentu mendapatkan keuntungan.

Jadi, tidak heran, apabila kini mafia internet memiliki jaringan tersendiri bernama “Russian Business Network”. (http://rbnexploit.com). Di dalam organisasi tersebut, mereka tidak hanya mengirimkan para calon hacker untuk belajar di universitas, tetapi juga menyediakan hadiah bagi yang menemukan celah keamanan. Mengapa jaringan ini dibiarkan begitu saja? Karena belum ada yang sanggup untuk mencegahnya. Polisi dan instansi terkait lainnya pun sering tidak berdaya, karena kejahatan terorganisasi semacam ini beraksi secara global.

Berada di area Internet kini semakin berbahaya karena website yang tampak tidak berbahaya pun bisa saja sudah dikuasai mafia Internet. Salah satu contoh, melalui sebuah celah keamanan di suatu server, sebuah kelompok hacker asal Cina bulan Maret lalu berhasil menyusupkan code ke sekitar 20.000 website. Akibatnya, para pengunjung website tersebut di­belokkan ke sebuah website porno yang berbahaya.

http://www.chip.co.id

1 comment:

  1. Hati-hati transaksi melalui Internet, pelajari dan kenal lebih dekat dengan siapa anda akan bertransaksi...
    Amankan Finansial anda di zaman seperti ini yang susah finansial.....
    Instan ternyata tidak memberi sehat...
    Berusaha dari nol dan hasilnya akan lebih memuaskan....

    ReplyDelete

  • - This blog has been retired. The latest information on Blogger service availability will now be displayed on the Apps Status Dashboard.
    10 years ago
  • Rizki Rizka Stock Lot Garmen - "Selamat Datang di On Line Store Kami" *MARAKASH SQUARE* *PONDPOK UNGU PERMAI* *BEKASI* *http://r2garmen.blogspot.com* *Pesan* *Email : r2garmen...
    14 years ago
  • LCD MONITOR - Ada banyak alasan mengapa Monitor LCD semakin banyak dipilih orang. Bukan cuma karena harganya yang semakin murah, namun LCD juga ramah terhadap kesehatan ...
    14 years ago